Home » » Pengertian dan Penggunaan Teknologi Informasi

Pengertian dan Penggunaan Teknologi Informasi



TEKNOLOGI INFORMASI







Teknologi Informasi adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data untuk menghasilkan informasi. Informasi tersebut diharapkan dapat mendukung berbagai kegiatan dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga pada akhirnya akan dapat meningkatkan produktivitas. Salah satu perangkat teknoloogi informasi yang kita kenal adalah komputer. Tentunya, komputer sudah tidak asing lagi bagi kita, Anda mungkin sudah pernah menggunakannya untuk berbagai macam kegiatan. Teknologi komputer tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan dunia saat ini.


Dalam pennggunaan komputer ada tiga bagian yang tidak dapat dipisahkan yaitu perangkat keras {hardware}, perangkat lunak {software}, dan pengguna {brainware}. Ketiganya terhubung menjadi satu kesatuan dalam penggunaan komputer. Sistem operasi merupakan penghubung antara pengguna komputer {brainware} dengan perangkat keras komputer {hardware}. Secara umum sistem operasi mengelola seluruh sumber data yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan ke pengguna sehingga memudahkan penggunaan dan pemanfaatan sumber daya sistem komputer. 


Dalam intsalasi sistem operasi terdapat beberapa mode pilihan yang disediakan, yaitu mode grafik dan mode teks. Instalasi sistem operasi dengan mode grafik atau berbasis GUI {Graphical User Interface} mempunyai sistem operasi. Sedangkan intsalasi sistem operasi dengan mode teks atau berbasis teks biasanya digunakan jika spesifikasi hardware komputer yang akan diinstal mempunyai spesifikasi rendah. Metode instalasi sistem operasi berbasis teks unggul dalam hal kecepatan proses instalasi bisa dibandingkan dengan instalasi berbasis GUI walaupun dari sisi tampilan kurang menarik.





Ya mungkin itu saja yang bisa saja jabarkan sedikit tentan Pengertian dan Penggunaan Teknologi Komputer, sampai bertemu di artikel selanjutnya gaes. Terimakasih telah mengunjungi blog kami.






Thanks for reading & sharing Bangdots

Previous
« Prev Post